Yudi S Amirullah 8 months ago
yudi-s-amirullah #pubg-mobile

KILAS BALIK: TIM INDONESIA DI AJANG INTERNASIONAL PUBG MOBILE

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun, tentunya jika dibandingkan dengan masa terdahulu, untuk membanggakan dan mengaharumkan nama bangsa dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah melalui ranah E-Sports. Bukan rahasia umum lagi jika E-Sports di Indonesia beberapa kali mampu untuk mengukir prestasi di kancah internasional, khususnya untuk game PUBG Mobile. Berikut adalah beberapa catatan gemilang tim esports atau tim nasional Indonesia di panggung internasional.

1. BIGETRON RED ALIENS AS PMCO GLOBAL CHAMPIONS FALL SPLIT 2019

Jika membahas PUBG Mobile, tentunya tidak akan pernah lepas dari tim yang satu ini. Bigetron Red Aliens merupakan tim Indonesia pertama dan satu-satunya hingga saat ini yang mampu meraih gelar juara dunia, yang mereka raih pada gelaran PMCO Global Finals: Fall Split 2019 lalu yang berlangsung di Malaysia, Kuala Lumpur. Setelah gagal lolos langsung ke babak Grand Final, Bigetron Red Aliens harus terlebih dulu bertarung pada babak prelims dan memperebutkan 3 tiket tersisa untuk lolos ke babak Grand Final. Bigetron Red Aliens berhasil meraih posisi kedua klasemen akhir dan otomatis lolos ke babak Grand Final bersama dua tim lainnya, MEGA Conqueror dan Orange Esports.

Pada babak final, Bigetron Red Aliens yang diperkuat Zuxxy, Luxxy, Ryzen dan Microboy tampil sangat konsisten dan hampir tanpa celah dengan berhasil meraih total 5x WWCD dan berhasil mengunci gelar juara dengan unggul jauh atas pesaing terdekatnya saat itu yakni TOP Esports dengan selisih 106 poin.

2. PMPL SEA SEASON 2 CHAMPIONS, BIGETRON RED ALIENS

Bigetron Red Aliens sejatinya telah memenangkan berbagai trofi dari level nasional hingga internasional, namun saat itu mereka hanya membutuhkan gelar jurara SEA untuk melengkapi koleksi gelarnya. Masih teringat jelas dalam memori bahwa perjalanan Bigetron Red Aliens untuk menjadi juara tidaklah mudah. Butuh 3 hari bahkan hingga last match untuk mereka memastikan gelar juara SEA.

AURA Esports yang saat itu juga menjadi salah satu representasi dari Indonesia mampu mengatasi perlawanan Team Secret Jin yang saat itu berada di posisi kedua klasemen dan terus menempel ketat Bigetron Red Aliens di puncak klasemen. Team Secret Jin yang harus pulang ke lobby lebih awal memberikan angin segar untuk Bigetron Red Aliens yang pada akhirnya mampu menyudahi match terakhir dengan WWCD yang begitu perfect pada map Vikendi. Dengan hasil demikian, Bigetron Red Aliens secara resmi telah melengkapi koleksi gelar mereka baik dari level nasional, level SEA, hingga internasional.

3. PMWI 2020 SEASON 0: EAST CHAMPIONS, BIGETRON RED ALIENS

Tidak heran jika lagi dan lagi nama Bigetron Red Aliens muncul dalam list juara karena memang pada periode waktu tersebut, mereka tampil dengan sangat kuat. PMWI 2020 yang saat itu diadakan secara online karena adanya pandemi COVID-19 dibagi menjadi 2 bagian, yaitu East dan West. Untuk East sendiri terdiri dari beberapa tim terkuat dari region Southeast Asia, South Asia, Chinese Taipei, Korea, Japan, Pakistan dan Asia Wildcard. Bigetron Red Aliens yang saat itu menjadi satu dari dua perwakilan dari Indonesia tampil sangat konsisten dari babak liga hingga Grand Final. Mereka harus bersabar hingga match terakhir untuk mengunci gelar juara setelah Luxxy sebagai last man standing mampu meraih poin penting yang berujung keunggulan 9 poin Bigetron Red Aliens atas runner-up saat itu, Orange Rock.

4. GOLD MEDALIST 31ST SEA GAMES VIETNAM 2021: INDONESIA 2

Pada ajang SEA GAMES 2021 yang berlangsung di Hanoi Vietnam, game PUBG Mobile dipertandingkan untuk pertama kalinya dan salah satu tim perwakilan Indonesia yaitu Indonesia 2 berhasil meraih medali emas. Indonesia 2 yang kala itu diisi oleh player-player ternama seperti Svavfel, Ryzen, Genfos, Jayden dan Luxxy meraih medali emas tanpa sekalipun meraih WWCD.

Momen kemenangan bagi tim Indonesia 2 diraih dengan cukup dramatis setelah pada match terakhir harus berjuang mati-matian untuk terus bertahan hingga late game. Luxxy lagi dan lagi menjadi penyelamat setelah mampu melakukan clutch terhadap 2 player Vietnam 2 dan memperpanjang peluang juara Indonesia 2. Pada akhirnya, Indonesia 2 unggul 7 poin dari Vietnam 1 yang berada di peringkat kedua.

5. ALTER EGO ARES: PMSL SEA SPRING 2023 CHAMPIONS

Untuk kedua kalinya dalam sejarah, tim asal Indonesia mampu menjadi juara di level Southeast Asia. Sang dewa perang, Alter Ego Ares menjadi tim kedua setelah Bigetron Red Aliens yang mampu meraih mahkota tertinggi di level Southeast Asia setelah tampil perkasa pada babak Grand Finals.

Pada babak liga yang berlangsung selama 3 minggu, Alter Ego Ares tampil cukup struggle dengan total hanya mendapatkan 36 bonus poin untuk bekal pada babak Grand Final. Alter Ego Ares baru menunjukkan gameplay terbaiknya saat babak Grand Final dengan berhasil menjadi juara dan juga memastikan diri lolos ke ajang PMWI 2023 di Riyadh, Arab Saudi. Salah satu player Alter Ego Ares yaitu Rosemary berhasil menjadi Most Valuable Player (MVP) pada babak Grand Final. Potato, Fanatic, Okta dan Rosemary harus bangga karena telah kembali membuktikan bahwa kekuatan tim Indonesia di level Southeast Asia masih menjadi salah satu yang terkuat.

6. 32ND SEA GAMES CAMBODIA 2023 GOLD MEDALIST: INDONESIA 2

Back to Back Gold Medal bagi tim nasional Indonesia berhasil diraih oleh tim Indonesia 2. Walaupun diisi oleh beberapa pemain yang masih baru untuk ajang internasional, namun Indonesia 2 membuktikan bahwa mereka layak untuk mendapatkan gold medal SEA Games yang berlangsung di Phnom Penh, Cambodia. Dengan total meraih 5x WWCD, pasukan Indonesia 2 yang diperkuat oleh Yummy, Ponbit, Lapar, Satar dan Boycil berhasil tampil tanpa terbendung selama 18 match yang mereka jalani.

Tentunya bukan hal mudah bagi tim Indonesia 2 untuk mempertahankan medali emas yang sebelumnya juga diraih oleh tim nasional Indonesia pada SEA Games edisi sebelumnya.

Momen bangga dan juga haru selalu menjadi hal utama saat menyaksikan tim asal Indonesia mampu meraih prestasi di kancah internasional, terlebih ketika bendera Sang Merah Putih dikibarkan dan lagu Indonesia Raya berkumandang. Selaku penikmat skena esports Indonesia khususnya PUBG Mobile, tentu saja kita menantikan dan berharap tim asal Indonesia mampu kembali membanggakan dan mengharumkan nama Indonesia kedepannya.

SELAMAT HARI LAHIR UNTUK TANAH AIRKU TERCINTA YANG KE 78 TAHUN, SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA!



photo via instagram @jason.jaydenn


0
412
NICE TRY, ALTER EGO ARES! PMSL SEA SPRING 2024 GRAND FINAL

NICE TRY, ALTER EGO ARES! PMSL SEA SPRING 2024 GRAND FINAL

1698297165.png
Yudi S Amirullah
1 month ago
W2D1 PMSL : Indonesia Top 2, Tapi Jangan Lengah!

W2D1 PMSL : Indonesia Top 2, Tapi Jangan Lengah!

defaultuser.png
Falentino Marky
9 months ago
VOIN NAVIN PECAH TELUR DIHARI KETIGA

VOIN NAVIN PECAH TELUR DIHARI KETIGA

1674811330.jpeg
Ditha
8 months ago
STE DOMINASI HARI PERTAMA PMGC 2023 - GROUP GREEN

STE DOMINASI HARI PERTAMA PMGC 2023 - GROUP GREEN

1680677815.png
Muhammad Krisna Wijaya
6 months ago
MISI S2G ESPORT RAIH "BACK-TO-BACK" CHAMPIONS! PMGC 2023 GRAND FINAL

MISI S2G ESPORT RAIH "BACK-TO-BACK" CHAMPIONS! PMGC 2023 GRAND FINAL

1698297165.png
Yudi S Amirullah
5 months ago