Ditha 6 months ago
Adnananda #pubg-mobile

OLIVER YE SPEAKS ABOUT THE JOURNEY OF PUBG MOBILE

Dalam event Gamescom Asia 2023 yang diselenggarakan pada tanggal 19-23 Oktober lalu di Singapore, Oliver Ye, Head of Southeast Asia Publishing dari Level Infinite, yang sebelumnya kita kenal sebagai Tencent Games, berbicara tentang perjalanan dan tantangan dalam membangun ekosistem esports yang kuat dan berkelanjutan pada game PUBG Mobile. Event ini menjadi panggung bagi percakapan yang menggugah seluruh komunitas esports didunia.

Meskipun esports masih tergolong sebagai industri yang baru berkembang, beberapa pemimpin telah muncul sebagai arsitek masa depan industri ini. Dalam konteks ini, pengalaman battle royale yang dimiliki oleh PUBG Mobile telah menjadi salah satu yang terdepan, menawarkan sinergi yang unik dan mendorong partisipasi aktif dari pemain, mitra, dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat di dalamnya.

Perjalanan untuk membangun ekosistem esports yang kuat adalah sebuah perjalanan yang tak pernah berakhir. Seperti halnya pemain PUBG Mobile yang harus terus beradaptasi saat zona aman akan mengecil hingga mencari tempat untuk tetap bertahan, begitu pula tim yang berada di balik pembentukan ekosistem esports ini. Mereka terus berevolusi dan berinovasi untuk menghadapi setiap tantangan yang muncul.

Salah satu pilar utama yang diungkapkan oleh Oliver Ye adalah pentingnya memahami bahwa esports bukan hanya tentang persaingan antar-pemain. Esports adalah cara untuk menghubungkan penggemar, pemain profesional, dan menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan melalui PUBG Mobile. Sebuah ekosistem esports yang sukses membutuhkan unsur-unsur seperti panggung yang tepat, kehadiran bintang-bintang yang bisa diidentifikasi oleh komunitas, dan skenario yang mendebarkan.

Menurut Ye, pada era esports yang semakin berkembang, PUBG MOBILE telah berhasil membangun panggung yang mengagumkan, mengikuti tiga P utama: Potensi, Piramida, dan Partnership. Ini bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang bagaimana menjaga fondasi yang kuat, mengubah minat lokal menjadi ketenaran global, dan bekerja sama dengan mitra yang tepat.


1.Potensi yang Kuat

Dalam perjalanannya menuju kesuksesan, PUBG MOBILE memiliki fondasi yang kokoh. Mereka telah berusaha keras untuk mendukung esports dan menjaga kualitas penawaran mereka selama periode waktu yang berkelanjutan. Ini adalah pondasi yang kuat yang memungkinkan mereka untuk terus tumbuh dan berkembang. Oliver Ye, Head of Southeast Asia Publishing dari Level Infinite (sebelumnya Tencent Games), menjelaskan, "Setelah kelahiran PUBG MOBILE, kami fokus pada minat lokal di berbagai negara di Asia Tenggara dan secara bertahap membangun arah selama bertahun-tahun untuk melengkapi sirkuit kompetitif kami untuk PUBG MOBILE ESPORTS."

2.Piramida Kejayaan

Bagi PUBG MOBILE, piramida adalah simbol perjalanan mereka dalam membangun ekosistem esports yang kuat. Mereka telah berhasil mengubah minat lokal menjadi ketenaran internasional. Perjalanan ini berlangsung secara bertahap dan penuh semangat, membuktikan bahwa mereka adalah yang terbaik di dunia. "Piramida kami begitu sukses adalah pembangunan bertahap dan penekanan pada persaingan antara berbagai negara - semangat mereka untuk membuktikan bahwa mereka adalah yang terbaik di dunia," ungkap Ye. Ini adalah bukti nyata bahwa dengan kesabaran dan tekad, seorang pemain dapat mencapai puncak dalam PUBG MOBILE Global Championship.

3.Partnership yang Tepat

Terakhir, partnership yang tepat adalah kunci. "Menemukan, bekerja sama, dan berinvestasi dengan mitra kepentingan yang tepat demi dan dengan kepentingan bersama" dapat memberikan dampak yang signifikan. PUBG MOBILE telah berhasil membangun mitra yang memiliki keyakinan dan nilai yang sama. Salah satu aspek penting dalam pembangunan basis penggemar adalah bagaimana tim ini mengembangkan berbagai cara bagi penggemar untuk mengkonsumsi konten esports. Mitra yang mendukung upaya ini memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan ekosistem esports yang sukses.

Dengan piramida yang tepat dan arah kompetitif, kami dapat mencakup sebagian besar negara-negara di Asia Tenggara untuk permainan battle royale, mengumpulkan mereka semua untuk mengetahui siapa yang memiliki kemampuan untuk bersaing dengan raksasa-raksasa dunia lainnya. Pada saat yang sama, PUBG MOBILE mendapat dukungan dan bekerja sama dengan lebih dari 10 pemimpin industri yang berbeda di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Seiring berjalannya waktu, sebagian besar industri akan melihat potensi ini dan sponsor akan tertarik untuk bergabung dan potensi game ini semakin berkembang terbuka lebar. Hal ini juga didorong oleh orang-orang yang menjadi inti dari medium esports, yaitu para pemain. Penting bagi semua pihak bahwa pemain dan tim diberikan perawatan dan perhatian yang tepat untuk tumbuh dalam ekosistem ini, membuka jalan bagi tokoh-tokoh berbakat untuk muncul.

Ye menyoroti Zuxxy, seorang player veteran asal Indonesia, sebagai contoh. Seorang pemain yang "berjuang dari dasar piramida dan saat ini masih bersaing di panggung dunia tertinggi dan dalam acara-acara nasional, memenangkan penghargaan MVP global dalam kejuaraan dunia," ia mewakili jalan yang bisa diikuti oleh orang lain. Lebih dari sekadar permainan, ekosistem esports PUBG MOBILE sangat mungkin bagi bintang-bintang baru terlahir.

Selain itu, hubungan dengan komunitas lokal ditekankan dalam hal ini, mendorong keterlibatan dan diskusi yang menarik perhatian dari dalam dan luar esports. Memahami topik terkini atau titik-titik pembicaraan memungkinkan kami untuk berinteraksi dengan penggemar kami secara efektif, menciptakan konten yang bermakna, dan membantu mereka mengenang momen-momen indah yang telah kita saksikan dalam esports PUBG MOBILE," ungkap Ye.

Ini berarti membangun di atas meme viral, topik yang sedang tren, dan bahkan persaingan sengit. Meskipun ada risiko yang terlibat, Ye merasa bahwa "penting bagi penyelenggara untuk memimpin dan memanfaatkan perdebatan-perdebatan ini, mengarahkannya ke arah yang lebih sehat dan menarik." Keberadaan tim-tim lokal dan ratusan anggota staf membuat mungkin untuk mengantisipasi, bereaksi, dan memanfaatkan sepenuhnya setiap kesempatan yang muncul.

Tidak ada yang mengatakan bahwa ini akan mudah, tetapi bagi Ye dan timnya, ini telah menjadi usaha yang berharga yang hanya akan semakin besar dari sini. Sekarang, saatnya bagi para pesaing untuk tampil, karena pertarungan untuk meraih "chicken dinner" esports semakin memanas.

PUBG Mobile telah mampu menciptakan panggung spektakuler bagi para pemain dan penonton, dengan turnamen besar yang menampilkan pemain-pemain terbaik dari seluruh dunia melalui PUBG Mobile Global Championship. Hal ini tidak hanya menciptakan bintang-bintang baru dalam industri esports, tetapi juga memperkuat komunitas yang semakin besar. Dengan demikian, game ini telah memberikan inspirasi bagi game lainnya untuk mengikuti jejaknya dalam membangun ekosistem esports yang berkelanjutan.

Selain itu, kehadiran tim pengembang yang responsif dan inovatif sangat penting. Mereka harus mampu memahami kebutuhan komunitas dan menghadirkan perubahan yang relevan, seperti menyesuaikan aturan, penyelenggaraan turnamen, dan penyempurnaan game. Ini adalah komitmen jangka panjang yang menjadi kunci kesuksesan dalam membangun ekosistem esports yang berkelanjutan.

PUBG Mobile dan Gamescom Asia 2023 telah memperlihatkan kepada kita bahwa esports bukanlah sekadar hiburan, tetapi juga industri yang serius. Pelajaran yang kita dapatkan dari pembicaraan Oliver Ye adalah bahwa kesuksesan esports bergantung pada kemampuan untuk beradaptasi dan terus menerus memperbaiki diri. Dengan semangat kompetisi yang membara dan kerja keras dari seluruh pihak yang berkepentingan, masa depan industri esports yang cerah tampak semakin dekat. Publik pun akan semakin terpesona dengan pertunjukan esports yang semakin memukau dan mendebarkan.

0
475
NICE TRY, ALTER EGO ARES! PMSL SEA SPRING 2024 GRAND FINAL

NICE TRY, ALTER EGO ARES! PMSL SEA SPRING 2024 GRAND FINAL

1698297165.png
Yudi S Amirullah
1 month ago
TALON ESPORTS HARUS SEGERA BERBENAH!

TALON ESPORTS HARUS SEGERA BERBENAH!

1698297165.png
Yudi S Amirullah
2 months ago
PMSL SEA FALL 2023 WEEK 3: TEAM SECRET BUTUH KEAJAIBAN

PMSL SEA FALL 2023 WEEK 3: TEAM SECRET BUTUH KEAJAIBAN

1698297165.png
Yudi S Amirullah
9 months ago
XERXIA PIMPIN KLASEMEN DI HARI KEDUA PMSL-SEA FALL 2023

XERXIA PIMPIN KLASEMEN DI HARI KEDUA PMSL-SEA FALL 2023

1680677815.png
Muhammad Krisna Wijaya
9 months ago
PONBIT DAN KEYMINE RESMI MENJADI PLAYER BARU BOOM ESPORTS

PONBIT DAN KEYMINE RESMI MENJADI PLAYER BARU BOOM ESPORTS

1674823715.jpg
Iqbal FirzaTullah
1 year ago