Yudi S Amirullah 3 months ago
yudi-s-amirullah #pubg-mobile

KUTUKAN JUARA PMPL INDONESA! HANYA 2 TIM YANG MAMPU BERTAHAN

Tidak terasa tahun 2023 tak lama lagi akan segera berakhir. PMPL Spring 2023 menjadi turnamen pembuka diawal tahun 2023 kali ini, dan ditutup dengan kemegahan panggung Grand Final PMGC 2023 yang diadakan di Turkiye beberapa pekan lalu. Menyambut tahun 2024 yang tentunya akan lebih seru dan menegangkan dari tahun-tahun sebelumnya, perubahan besar yang juga terjadi pada tahun 2024 mendatang, dimana tidak lagi adanya turnamen tier 1 di setiap regionnya, atau yang kita kenal dengan sebutan PUBG Mobile Pro League (PMPL)


PMPL secara resmi telah ditiadakan dan digantikan dengan PUBG Mobile Super League (PMSL). Ini berarti bahwa setiap region seperti misalnya Indonesia, akan mendapatkan turnamen tingkat region dalam hal ini PUBG Mobile National Championship (PMNC) yang dimana pemenang dari turnamen tersebut akan berhak melaju menuju PMSL SEA 2024. Sebelum berbicara terlalu jauh, ada baiknya kita sedikit melakukan "kilas balik" mengenai bagaimana keseruan dari ajang PMPL Indonesia dari Season pertama hingga Season Fall 2023 lalu. Fakta menariknya adalah dari 7 tim yang pernah memenangkan trophy PMPL Indonesia, 5 diantaranya terkena "kutukan" yaitu harus pamit dari scene PUBG Mobile Indonesia.



PMPL INDONESIA SEASON 1

Bigetron Red Aliens yang saat itu masih diperkuat dengan pasukan juara dunianya yaitu Zuxxy, Luxxy, Ryzen, Microboy dan ditambah dengan seorang Alice, masih terlalu kuat bagi tim-tim lainnya. Bigetron Red Aliens bisa dikatakan sangat mendominasi pada PMPL Indonesia Season 1 dimana mereka berhasil menjadi juara liga dan sekaligus juara di babak Grand Final. Tentunya hingga saat ini Bigetron Esports masih konsisten tampil di berbagai event PUBG Mobile walaupun kini mereka telah berganti nama menjadi Bigetron Red Villains.


PMPL INDONESIA SEASON 2

Juara baru muncul untuk season kedua dari PMPL Indonesia. Aerowolf Limax berhasil keluar sebagai juara pada PMPL Indonesia Season 2 setelah berhasil mengungguli pesaing terdekat mereka yaitu AURA Esports dan BOOM Esports. Aerowolf Limax yang saat itu diperkuat oleh Hzlnut, Renalre, Spaov, Super Una dan Potato berhasil membungkam cibiran dari banyak pihak yang meragukan mereka. Namun sayang, perjalanan indah Aerowolf Limax harus terhenti setelah PUBG Mobile secara resmi menjatuhkan hukuman terhadap pihak management dari Aerowolf Limax karena tidak melakukan kewajiban mereka dalam hal ini perihal gaji dari para proffesional player di timnya sehingga Aerowolf Limax mendapatkan hukuman tidak diperbolehkan untuk berlaga di event PUBG Mobile hingga 31 Desember 2022.


PMPL INDONESIA SEASON 3

Grand Final PMPL Indonesia Season 3 menjadi salah satu Grand Final yang sangat seru untuk kita saksikan. Tidak ada yang mampu memprediksi siapa yang akan menjadi juara hingga match terakhir berlangsung. Secara spektakuler GEEK FAM ID berhasil keluar sebagai juara PMPL Indonesia Season 3. Katou, Bubuu, Tomz, Alvirlo, Mort dan Dinosaurs bahkan tampil gemilang pada ajang PMPL SEA Season 3 yang mereka ikuti. Sempat berganti nama menjadi Livescape, GEEK FAM ID terus konsisten bermain di PMPL Indonesia hingga PMPL Indonesia Fall 2022. Pada akhirnya GEEK FAM ID pada saat itu tidak meneruskan perjalanan mereka lagi di scene PUBG Mobile Indonesia dan NKINS Esprots secara resmi mengakuisisi slot milik mereka.


PMPL INDONESIA SEASON 4

Tim komunitas asal Manado yaitu Genesis Dogma GIDS yang namanya tidak dikenal banyak orang justru tampil luar biasa pada babak Grand Final PMPL Indonesia Season 4 dan berhasil keluar sebagai juara. Prestasi yang sangat luar biasa ditorehkan oleh Daybot, Star, Booms dan NiciL dan tentunya membuat bangga nama daerah mereka. Tak berhenti sampai disitu, Genesis Dogma GIDS terus mengukir prestasi dan salah satunya adalah menjadi salah satu perwakilan Indonesia di ajang PMGC 2022 League Stage.


PMPL INDONESIA SPRING 2022

Saudara kandung dari Bigetron Red Aliens yaitu ION Esports, berhasil menjadi juara untuk PMPL Indonesia Spring 2022 setelah bersaing hingga last game dengan "Sang Macan Putih", EVOS Reborn. ION Esports yang mayoritas rosternya (Missery, GenFos, Rocky,Fajar dan Freenzy) merupakan eks player dari Victim Sovers tampil sangat konsisten sepanjang babak Grand Final. Selain menjadi juara, ION Esports juga menjadi perwakilan Indonesia pada ajang PMWI Riyadh 2022. Namun langkah ION Esports harus terhenti di scene PUBG Mobile Indonesia karena Bigetron Esports, yang merupakan induk organisasi dari ION ESports memutuskan untuk melakukan "disband" terhadap ION Esports.


PMPL INDONESIA FALL 2022

Country Final PMPL Indonesia Fall 2022 menjadi pertama kalinya event offline kembali digelar setelah kurang lebih 2 tahun lamanya terhenti akibat pandemi yang melanda. Momen yang sangat mengaharukan dimana Genesis Dogma GIDS sekali lagi mampu mengangkat trofi juara PMPL Indonesia Fall 2022 dihadapan para pendukungnya. Genesis Dogma GIDS menjadi satu-satunya tim yang mampu Back-to-Back juara PMPL Indonesia. Namun tak berselang lama, salah satu player kunci mereka yaitu Satar hijrah menuju Bigetron Red Villains. Hal tersebut pun menjadi tiitk awal runtuhnya kejayaan Genesis Dogma GIDS. Puncaknya adalah saat mereka harus terdegradasi dari PMPL Indonesia Spring 2023.


PMPL INDONESIA SPRING 2023

Format baru diperkenalkan untuk PMPL Indonesia Spring 2023 kali ini, dimana tidak ada lagi babak Grand Final. Seluruh tim yang berlaga akan memainkan pertandingan dalam kurun 2 minggu dan pengoleksi poin terbanyak akan keluar sebagai juara. Kerja keras dan penantian yang sangat panjang bagi pasukan BOOM Esports setelah beberapa season sebelumnya selalu gagal untuk menjadi juara. Namun season kali ini BOOM Esports dengan line-up Reizy, Yummy, Bobohoo, Keymine dan Ponbit memang layak untuk menjadi juara setelah tampil sangat konsisten dibawah komando Coach Kent. 

BOOM Esports adalah 1 dari 2 tim juara PMPL Indonesia yang hingga kini masih konsisten berasing di setiap turnamennya.


PMPL INDONESIA FALL 2023

Tim kolaborasi antara EVOS Esports dan Persija Esports yang sudah terbentuk sejak PMPL Indonesia Spring 2023 kini tampil lebih matang dan tanpa melakukan sama sekali perombakan roster. Persija EVOS mampu mendominasi pada PMPL Indonesia Fall 2023 dan pada akhirnya Zuxxy, Luxxy, Microboy, Redface, Missery dan Linx berhasil meraih trofi PMPL Indonesia terakhir. Terkhusus bagi Zuxxy, Luxxy dan Microboy ini adalah titel PMPL kedua mereka setelah berhasil memenangkannya pada PMPL Indonesia Season 1 saat masih berseragam Bigetron Red Aliens. Walaupun hasil yang memuaskan didapatkan oleh tim Persija EVOS, nyatanya beberapa hari lalu kedua tim tersebut sepakat untuk mengakhiri kerja samanya. Persija Esports dan EVOS Esports memutuskan untuk menyusuri jalan mereka masing-masing.






photo via instagram @levelupid_




0
432
NONGSHIM REDFORCE PIMPIN KLASEMEN HARI KEDUA PMGC 2023 - GROUP RED

NONGSHIM REDFORCE PIMPIN KLASEMEN HARI KEDUA PMGC 2023 - GROUP RED

1680677815.png
Muhammad Krisna Wijaya
5 months ago
SMITHH & HEXAZ RESMI BERGABUNG DENGAN MORPH GGG

SMITHH & HEXAZ RESMI BERGABUNG DENGAN MORPH GGG

1674823715.jpg
Iqbal FirzaTullah
1 year ago
DAY 2 FINAL PMSL SEA FALL 2023: THAILAND LESU, DUO SERUMPUN BANGKIT

DAY 2 FINAL PMSL SEA FALL 2023: THAILAND LESU, DUO SERUMPUN BANGKIT

1680677815.png
Muhammad Krisna Wijaya
7 months ago
Tim PUBG Mobile Buriram United Esports resmi dibubarkan

Tim PUBG Mobile Buriram United Esports resmi dibubarkan

1674811330.jpeg
Ditha
8 months ago
4/7 TIM MALAYSIA GAGAL TEMBUS BABAK GRAND FINAL PMSL SEA SPRING 2024!

4/7 TIM MALAYSIA GAGAL TEMBUS BABAK GRAND FINAL PMSL SEA SPRING 2024!

1698297165.png
Yudi S Amirullah
1 month ago