Yudi S Amirullah 3 months ago
yudi-s-amirullah #pubg-mobile

PMPL INDONESIA'S HISTORICAL RECORD

 Beberapa hari yang lalu, melalui media sosial instagram @pubgmobile.esports.id secara resmi telah diumumkan format turnamen PUBG Mobile untuk tahun 2024, dan salah satu poinnya adalah PUBG Mobile Pro League (PMPL) kini secara resmi telah ditiadakan. PUBG Mobile National Championship (PMNC) akan menjadi turnamen untuk masing-masing region dan juara dari PMNC sendiri akan mendapatkan kesempatan untuk bertanding dalam ajang PUBG Mobile Super League (PMSL). Slot partnership bagi peserta PMSL SEA yang sebelumnya hanya ada 15 tim, kini ditambahkan menjadi 20 tim. PMSL SEA juga akan diadakan selama 3x dalam satu tahun.

Setelah berlangsung selama kurang lebih 3 tahun lamanya, PMPL kini hanyalah sebuah kisah yang tercatat dalam sejarah. Momen dan perjalanan para tim yang berlaga di PMPL Indonesia selalu menjadi cerita menarik dan menyenangkan untuk kita saksikan bersama. Berikut adalah utas singkat mengenai perjalanan PMPL Indonesia Season 1 hingga PMPL Indonesia Fall 2023 kemarin.



THE FIRST EVER PMPL'S (BIGETRON RA - PMPL INDONESIA SEASON 1)

PMPL muncul pertama kali pada tahun 2020, yang kala itu menggantikan format turnamen sebelumnya yaitu PUBG Mobile Club Open (PMCO). Pada season pertamanya, PMPL Indonesia Season 1 digelar secara offline di Studio Sepat, Jakarta dan total ada 24 tim yang bertanding saat itu. Namun pandemi COVID-19 yang melanda kala itu memaksa untuk PMPL Indonesia Season 1 digelar secara online. Satu hal yang membekas dari PMPL Indonesia Season 1 adalah ketika salah satu player Siren yaitu Rey2000 melakukan taunting terhadap Ryzen dan pada akhirnya Bigetron Red Aliens memutuskan untuk menabrak dropspot dari Siren di map Sanhok. Selain itu, PMPL Indonesia Season 1 menjadi awal lahirnya julukan "dokter Badru" setelah ia berhasil mendapatkan WWCD di map Sanhok hanya dengan melakukan healing di luar playzone.

Bigetron Red Aliens yang diperkuat Zuxxy, Luxxy, Ryzen, Microboy dan Alice berhasil menjadi jawara PMPL Indonesia untuk pertama kalinya dan berhak mewakili Indonesia pada ajang PMPL SEA Season 1 bersama MORPH Team dan ONIC Esports.


CONSISTENCY IS THE KEY (AEROWOLF LIMAX - PMPL INDONESIA SEASON 2)

Season 2 dari PMPL Indonesia masih harus digelar secara online karena pandemi yang saat itu masih merajalela. ION Esports saat itu menjadi tim yang sangat disegani karena sangat kuat dalam melakukan peperangan. Namun siapa yang menyangka tim yang tidak pernah terprediksi akan tampil luar biasa, pada akhirnya berhasil menjadi juara. Aerowolf Limax yang beranggotakan Hzlnuts, Spaov, Renalre, Super Una dan Potato mampu membuktikan kapasitas dan konsistensinya untuk menjadi juara, sekaligus menjadi salah satu perwakilan Indonesia di kancah SEA bersama AURA Esports dan Bigetron Red Aliens.

Salah satu momen yang paling berkesan saat PMPL Indonesia Season 2 adalah salah satu mic check dari Bigetron Red Aliens dimana Zuxxy dan Luxxy saling beradu argumen di in game dan saling meluapkan emosinya masing-masing. Mic check legend tersebut sempat viral pada masanya dan tentunya akan terus melekat di hati para penikmat skena PUBG Mobile Indonesia.


THE UNPREDICTABLE ONE ( GEEK FAM ID - PMPL INDONESIA SEASON 3)

PMPL Indonesia Season 3 menjadi season yang sangat ditunggu-tunguu karena banyaknya perombakan yang terjadi pada saat jeda transfer window, salah satunya adalah EVOS Esports yang tampil buruk pada 2 season sebelumnya kini melakukan re-branding dengan mengganti nama menjadi EVOS Reborn dan merekrut pemain-pemain bertalenta. Salah satunya dan yang saat itu menjadi perbincangan hangat adalah Nizar "Microboy" yang memutuskan untuk meninggalkan Bigetron Red Aliens dan bergabung dengan tim EVOS Reborn. Banyak yang tidak menyangka kepindahan Microboy apalagi jika mengingat torehan prestasi yang Microboy ukir bersama Bigetron Red Aliens.

Grand Final PMPL Indonesia Season 3 menjadi salah satu Grand Final yang sangat seru untuk kita saksikan. Tidak ada yang mampu memprediksi siapa yang akan menjadi juara hingga match terakhir berlangsung. Secara spektakuler GEEK FAM ID berhasil keluar sebagai juara PMPL Indonesia Season 3

setelah berhasil unggul 7 poin saja dari sang runner-up, Bigetron Red Aliens. Saat itu line-up dari GEEK FAM ID adalah Katou, Bubuu, Alvirlo, Dinosaurs, Mort dan Tomz. GEEK FAM ID bersama Bigetron Red Aliens, AURA Esports dan EVOS Reborn menjadi perwakilan Indonesia pada ajang PMPL SEA Season 3.

Walaupun berhasil lolos ke tingkat SEA, namun EVOS Reborn harus menelan pil pahit dan menerima kenyataan terdegradasi dari PMPL Indonesia setelah hanya mampu finish di #16 pada Grand Final PMPL Indonesia Season 3.


THE RISING STAR ( GENESIS DOGMA GIDS - PMPL INDONESIA SEASON 4)

EVOS Reborn yang berjuang untuk mendapatkan kursinya kembali pada ajang PMNC Indonesia 2021 gagal mengamankan posisi Top 9 dan harus mengubur mimpinya untuk kembali ke kasta tertinggi PUBG Mobile Indonesia. Sejarah juga tercipta pada Season 4 lalu setelah untuk pertama kalinya dalam sejarah, player asing memperkuat tim asal Indonesia. uHigh, player asal Malaysia tersebut menjadi pembelian anyar bagi Bigetron Red Aliens untuk lebih memperkuat kekuatan tim. PMPL Indonesia Season 4 juga menjadi PMPL perdana bagi salah satu terminator Indonesia yang hingga kini masih konsisten bermain di level tertinggi yaitu Rosemary.Saat itu Rosemary memperkuat tim SUBG.

RRQ Ryu diprediksi mampu menjadi juara setelah pada babak Liga tampil mengesankan. Namun pada partai puncak Grand Final RRQ Ryu tampilinkonsisten dan hanya berhasil bertengger di #8. Percaya atau tidak, tim komunitas asal Manado yaitu Genesis Dogma GIDS yang namanya tidak dikenal banyak orang justru tampil luar biasa pada babak Grand Final dan berhasil keluar sebagai juara PMPL Indonesia Season 4. Prestasi yang sangat luar biasa ditorehkan oleh Daybot, Star, Booms dan NiciL dan tentunya membuat bangga nama daerah mereka. Genesis Dogma GIDS bersama NFT Esports, Bigetron Red

Aliens, EVOS Reborn dan RRQ Ryu menjadi perwakilan Indonesia pada ajang PMPL SEA Season 4.


THE BATTLE OF ION ESPORTS VS EVOS REBORN (ION ESPORTS - PMPL INDONESIA SPRING 2022)

Sebelum berlangsungnya PMPL Indonesia Spring 2022, Bigetron Esports secara resmi telah mengakuisisi seluruh roster dari tim Victim Sovers yaitu Rocky, Fajar, Misery dan GenFos. Namun karena aturan yang tidak memperbolehkan PT yang sama memiliki dua tim sekaligus untuk berlaga pada PMPL Indonesia, maka ION Esports kembali dibentuk.

PMPL Indonesia Spring 2022 menjadi season yang sepertinya akan menjadi milik "Sang Macan Putih", EVOS Reborn. Setelah berhasil lolos dari PMPL Indonesia Qualifier, EVOS Reborn tampil lebih balance dan konsisten untuk season kali ini. Pertarungan yang sebenarnya terjadi pada Grand Final, dimana EVOS Reborn dan ION Esports saling beradu untuk memperebutkan titel juara. Match terakhir di map Erangel menjadi penentu siapakah yang akan berhasil menjadi juara. ION Esports telah too soon terlebih dahulu dan kini hanya bisa berserah menunggu hasil game dari EVOS Reborn. Namun EVOS Reborn tampil seperti tidak memiliki mental juara. Mereka memilih untuk bermain pasif di tengah zona tanpa melakukan peperangan. Pada akhirnya poin yang diraih oleh EVOS Reborn gagal melampui poin milik ION Esports dan akhirnya ION Esports keluar sebagai juara PMPL Indonesia Spring 2022 dengan selisih 2 poin saja dari runner-up, EVOS Reborn. ION Esports bersama EVOS Reborn dan RRQ Ryu menjadi representasi Indonesia di ajang PMPL SEA Championship Spring 2022. Sementara untuk Bigetron Red Aliens, NFT Esports dan VOIN Esports harus berjuang pada babak Play-In terlebih dahulu. Sebagai juara dari PMPL Indonesia Spring 2022, ION Esports juga berhak mewakili Indonesia pada ajang PUBG Mobile World Invitational 2022 (PMWI 2022).


BACK TO BACK CHAMPION (GENESIS DOGMA GIDS - PMPL INDONESIA FALL 2022)

Country Final PMPL Indonesia Fall 2022 menjadi pertama kalinya event offline kembali digelar setelah kurang lebih 2 tahun lamanya terhenti akibat pandemi yang melanda. Pada saat Country Final digelar sebuah Showmatch yang mempertemukan antara Bigteron Red Aliens (Zuxxy, Luxxy, Ryzen, Microboy) melawan EVOS Esports Old Verison (Auro, Jeixy, Foxe, Hzlnuts). Kedua tim yang pada masa prime-nya menjadi tim yang mendominasi di Indonesia dan beberapa kali menjadi perwakilan Indonesia di tingkat SEA.

BOOM Esports dan Alter Ego Limax menjadi 2 kandidat utama untuk bersaing memperebutkan titel juara. Bahkan sejak dari babak Liga, BOOM Esports dan Alter Ego Limax saling berjibaku mengumpulkan pundi-pundi poin dan pada akhirnya finish sebagai juara dan runner-up babak Liga. Country Final yang berlangsung di Baskethall Senayan, Jakarta dipenuhi oleh ratusan penonton dari masing-masing tim. Suasana yang tentunya sudah lama kita nantikan dimana sorakan dan teriakan para supoorter yang mendukung tim kesayangan mereka masing-masing.

Sekali lagi, Country Final kali ini hingga momen-momen terakhir hanya tentang Alter Ego Limax dan BOOM Esports yang masih berjuang hingga match terakhir. Namun siapa yang menyangka, Genesis Dogma GIDS yang menyisakan seorang Daybot bisa survive hingga akhir match dan pada akhirnya mampu unggul 1 poin saja dari Alter Ego Limax yang berada di #2 dan unggul 3 poin dari BOOM Esports di #3. Momen yang sangat mengaharukan dimana Genesis Dogma GIDS sekali lagi mampu mengangkat trofi juara PMPL Indonesia Fall 2022 dihadapan para pendukungnya. Ditambah lagi momen dimana Bangpen, yang merupakan salah satu Founder dari Genesis Dogma GIDS yang saat itu menjadi Special Guest Caster tidak bisa berkata-kata menyaksikan timnya menjadi Back to Back Champion PMPL Indonesia. Dengan line-up dan tekad yang tidak berubah, membuat Genesis Dogma GIDS sekali membuktikan bahwa tim asal komunitas juga bisa bersaing dengan tim besar lainnya.

Genesis Dogma GIDS mewakili Indonesia dalam ajang PMPL SEA Championship Fall 2022 bersama BOOM Esports, Alter Ego Limax dan NFT Esports.


AFTER A VERY VERY LONG WAIT (BOOM ESPORTS - PMPL INDONESIA SPRING 2023)

Format baru diperkenalkan untuk PMPL Indonesia Spring 2023 kali ini, dimana tidak ada lagi babak Grand Final. Seluruh tim yang berlaga akan memainkan pertandingan dalam kurun 2 minggu dan pengoleksi poin terbanyak akan keluar sebagai juara. Partnership team juga menjadi hal baru untuk PMPL kali ini, dimana akan ada beberapa tim Partnership yang telah dipilih dengan kriteria prestasi mereka di ajang lokal, SEA, maupun Internasional. Tim-tim yang terpilih nantinya akan secara otomatis lolos ke PMSL SEA Spring 2023 dan PMSL SEA Fall 2023.

Kabar mengejutkan datang dari tim Robot Bigetron Red Aliens. Secara resmi legenda mereka "Duo Tachibana" Zuxxy dan Luxxy berpisah dengan tim setelah 5 tahun kebersamaan. Ikon PUBG Mobile Indonesia Zuxxy dan Luxxy mengawali karirnya bersama Bigetron Red Aliens pada tahun 2018. Sejak saat itu banyak trofi yang berhasil mereka torehkan, salah satunya adalah titel World Champions pada ajang PMCO Fall Split : Global Final 2019. Hal yang sulit tentunya bagi Bigetron Red Aliens dan para fans setia mereka menyaksikan sang legenda beranjak pergi dari tim kesayangan. Setelah hengkangnya Zuxxy dan Luxxy, Bigetron Red Aliens resmi merekrut juara 2x PMPL Indonesia, Satar. Bigetron Red Aliens juga secara resmi berganti nama menjadi Bigetron Red Villains.

Tak lama kemudian, secara resmi EVOS Esports dan Persija Esports sepakat untuk menjalin kolaborasi sepanjang tahun 2023 dan berganti nama menjadi Persija EVOS. Secara mengejutkan, Zuxxy dan Luxxy menjadi player anyar yang diperkenalkan secara langsung di depan ratusan fans di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Selain Zuxxy Luxxy, Persija EVOS juga memperkenalkan player lainnya yaitu Redface, Microboy, Linx dan Misery.

Bigetron Red Villains dan Persija EVOS diprediksi akan bersaing ketat untuk memperebutkan titel juara. Namun justru BOOM Esports lah yang berhasil keluar sebagai juara untuk PMPL Indonesia Spring 2023. Kerja keras dan penantian yang sangat panjang bagi pasukan BOOM Esports setelah beberapa season sebelumnya selalu gagal untuk menjadi juara. Namun season kali ini BOOM Esports dengan line-upReizy, Yummy, Bobohoo, Keymine dan Ponbitmemang layak untuk menjadi juara setelah tampil sangat konsisten dibawah komando Coach Kent. BOOM Esports merupakan salah satu tim Partnership bersama Persija EVOS, RRQ, Bigetron Red Villains dan Alter Ego Ares. Dengan demikian, maka satu slot untuk region Indonesia pada ajang PMSL SEA Spring 2023 jatuh ke tangan Voin Esports yang berhasil mengamankan #2.


ZUXXY, LUXXY & MICROBOY AS THE FIRST AND LAST PMPL'S TROPHY HOLDER (PERSIJA EVOS - PMPL INDONESIA FALL 2023)

PMPL Indonesia Fall 2023 masih menganut format yang sama dengan edisi sebelumnya dimana tidak ada babak Grand Final. Setelah pada season sebelumnya EVOS Esport dan Persija Esports melakukan kolaborasi, season kali ini beberapa tim lainnya juga memilih untuk melakukan hal yang serupa. MORPH Team dan GPX sepakat untuk menjalin kerja sama dan mengganti nama menjadi MORPH GPX (MRPX), Terakhir ada VOIN Esports yang menggandeng BULLS Esports dan berubah nama menjadi VOIN BULLS.

Persija EVOS tampil terlalu perkasa pada PMPL Indonesia Fall 2023 kali. Zuxxy dan tim berhasil mengoleksi total 10X WWCD. Zuxxy juga berhasil menyabet gelar Final Most Valuable Player (FMVP). Persija EVOS unggul sebanyak 110 poin dari pesaing terdekatnya yaitu MRPX di posisi runner-up. Zuxxy, Luxxy, Microboy, Redface, Missery dan Linx berhasil meraih trofi PMPL Indonesia terakhir. Terkhusus bagi Zuxxy, Luxxy dan Microboy ini adalah titel PMPL kedua mereka setelah berhasil memenangkannya pada PMPL Indonesia Season 1 saat masih berseragam Bigetron Red Aliens.





Format baru untuk tahun 2024 akan dijelaskan secara rinci pada Grand Final PMGC 2023 di Turki Desember mendatang. Perubahan apapun yang terjadi, kita tentunya berharap scene Esport PUBG Mobile bisa terus berlangsung dan memiliki umur yang panjang. Pesan khusus kepada tim komunitas diluar sana yang masih ingin meraih mimpinya untuk bergelut dalam dunia Professional Scene, jangan pernah putus asa. Masih banyak hal dan jalan yang bisa ditempuh, salah satunya adalah turnamen terdekat yaitu PUBG Mobile National Championship yang tidak lama lagi akan diselenggarakan. Jadi, persiapkan diri kalian!






photo via instagram @levelupid_



0
295
SMITHH & HEXAZ RESMI BERGABUNG DENGAN MORPH GGG

SMITHH & HEXAZ RESMI BERGABUNG DENGAN MORPH GGG

1674823715.jpg
Iqbal FirzaTullah
1 year ago
BOYCIL STAY OR GO?

BOYCIL STAY OR GO?

1674811330.jpeg
Ditha
5 months ago
PAPER REX KALAHKAN KRU ESPORTS DI PARTAI PEMBUKA VCT CHAMPIONS 2023

PAPER REX KALAHKAN KRU ESPORTS DI PARTAI PEMBUKA VCT CHAMPIONS 2023

1680677815.png
MKW
6 months ago
MORPH TEAM MELEPAS FAJAR DENGAN STATUS LOANED

MORPH TEAM MELEPAS FAJAR DENGAN STATUS LOANED

1674823715.jpg
Iqbal FirzaTullah
1 year ago
Perpisahan Valdus Esports dari PUBG Mobile

Perpisahan Valdus Esports dari PUBG Mobile

1674811330.jpeg
Ditha
6 months ago