Whispeer 6 months ago

Worlds 2023: Jadwal, Format, Tim, dan Where To Watch

Kejuaraan Dunia League of Legends (Worlds) kembali ke Korea Selatan setelah lima tahun. Acara puncak esports LoL ini dijadwalkan berlangsung dari Oktober hingga November.

Worlds 2023 menawarkan format baru yang menarik dengan Swiss Stage, bersama dengan jalur kualifikasi baru untuk tim-tim peserta.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang Worlds 2023, termasuk jadwal, hasil, format, tim yang lolos, di mana menonton siaran langsung, dan banyak lagi.

Apa itu Kejuaraan Dunia League of Legends 2023?

Worlds adalah Kejuaraan Dunia League of Legends tahunan. Diatur oleh pengembang Riot Games, ini adalah turnamen global terbesar dalam esports LoL.

Tahun ini, total 22 tim dari seluruh dunia akan bersaing untuk meraih Piala Summoner yang didambakan, hadiah uang sebesar USD 1.000.000 (IDR 15,7 Milyar Rupiah), dan gelar kejuaraan dunia ke-13.

Jadwal, Klasemen, dan Hasil Worlds 2023

Worlds 2023 akan berlangsung mulai dari 10 Oktober hingga 19 November.

Tahap Play-In akan berlangsung dari 10 Oktober hingga 15 Oktober, sementara Swiss Stage akan berlangsung dari 19 hingga 23 Oktober, dan 26 hingga 29 Oktober. Semua tanggal dan waktu dalam GMT, GMT+8, dan PST.

Tahap Knockout dijadwalkan sebagai berikut:

Perempat Final – 2 hingga 5 November

Semifinal – 11 hingga 12 November

Grand final – 19 November

Format Worlds 2023

Worlds 2023 akan memperkenalkan format revisi yang terdiri dari 22 tim yang terbagi menjadi tiga tahap kompetisi: Play-In, Swiss Stage, dan Knockout Stage, yang meliputi Perempat Final, Semifinal, dan Final.

Format Tahap Play-In Worlds 2023

Tahap Play-In akan memulai turnamen, menampilkan tim-tim unggulan 1 dan 2 dari VCS & PCS, tim unggulan 1 dari LLA, CBLOL, LJL, dan pemenang Seri Kualifikasi Worlds antara tim unggulan ke-4 LCS dan LEC.

Delapan tim ini dikelompokkan ke dalam dua bracket eliminasi ganda, bersaing dalam pertandingan terbaik dari tiga. Tim teratas dari setiap bracket akan bertemu dengan tim peringkat kedua dari bracket sebaliknya dalam serangkaian pertandingan terbaik dari lima.

Pemenang dari pertandingan ini akan mengamankan tempat mereka di Swiss Stage. 10 pertandingan awal akan menjadi yang terbaik dari tiga, sementara dua terakhir akan menjadi yang terbaik dari lima.

Format Swiss Stage Worlds 2023

Dua tim yang maju dari Tahap Play-In akan bergabung dengan tiga tim unggulan teratas dari LEC dan LCS, bersama dengan empat tim unggulan teratas dari LCK dan LPL, membuat total 16 tim. Tim-tim ini akan dibagi menjadi empat pool undian: 1 Seed, 2 Seed, 3 Seed, dan 4 Seed + Kualifikasi Play-In.

Pada awalnya, mereka akan bermain delapan pertandingan terbaik dari satu berdasarkan penempatan mereka, dengan tim Pool 1 menghadapi tim Pool 4 dan tim Pool 2 menghadapi tim Pool 3. Penting untuk dicatat, tidak ada tim yang akan bersaing melawan tim dari wilayah mereka sendiri dalam putaran pertama.

Setelah putaran pertama, akan ada undian lain untuk memasangkan tim dengan catatan yang sama satu sama lain, tanpa batasan undian lebih lanjut. Proses ini akan diulang selama tiga putaran lagi, dengan tim dengan catatan genap saling menghadapi sampai mereka mencapai tiga kemenangan untuk maju atau tiga kekalahan untuk dieliminasi dari kompetisi.

Secara total, delapan tim akan maju ke Tahap Knockout. Meskipun putaran awal adalah yang terbaik dari satu, semua pertandingan untuk maju atau eliminasi akan menjadi yang terbaik dari tiga.

Selama Swiss Stage, pemilihan sisi akan ditentukan oleh pool undian awal, dengan pool lebih tinggi mendapatkan pilihan sisi. Dalam pertandingan antara tim dari pool undian yang sama, pemilihan sisi akan ditentukan oleh lemparan koin.

Format Knockout Stage Worlds 2023

Turnamen maju ke Tahap Knockout, yang mencakup Perempat Final, Semifinal, dan Final.

Dalam tahap ini, format bergeser ke eliminasi tunggal, dan semua pertandingan diperebutkan dalam format terbaik dari lima. Pertandingan Perempat Final akan ditentukan melalui undian di atas panggung setelah penyelesaian Swiss Stage.

Dalam undian ini, tim yang maju dengan catatan 3-0 akan dipasangkan melawan tim yang maju dengan catatan 3-2, sementara tim yang tersisa akan saling berhadapan. Pemenang akhir dari tahap ini akan dinobatkan sebagai Juara Dunia 2023.

Tim yang Bersaing di Worlds 2023

LCK (Korea)

  • Gen.G (1st seed)
  • T1 (2nd seed)
  • KT Rolster (3rd seed)
  • Dplus KIA (4th seed)

LCS (North America)

  • NRG Esports (1st seed)
  • Cloud9 (2nd seed)
  • Team Liquid (3rd seed)

LEC (Europe)

  • G2 Esports (1st seed)
  • Fnatic (2nd seed)
  • MAD Lions (3rd seed)

LPL (China)

  • JD Gaming (1st seed)
  • Bilibili Gaming (2nd seed)
  • LNG Esports (3rd seed)
  • Weibo Gaming (4th seed)

PCS (Pacific)

  • PSG Talon (1st seed)
  • CTBC Flying Oyster (2nd seed)

LJL (Japan)

  • DetonatioN FocusMe

VCS (Vietnam)

  • GAM Esports (1st seed)
  • Team Whales (2nd seed)

LLA (Latin America)

  • Movistar R7

CBLOL (Brazil)

  • LOUD

Worlds Qualifying Series

  • Team BDS

Dimana Worlds 2023 Akan Diadakan?

Play-In Stage : LoL Park di Seoul, Korea Selatan

Swiss Stage : KBS Arena di Seoul, Korea Selatan

Knockout Stage: Quarterfinals : Sajik Indoor Gymnasium di Busan, Korea Selatan

Knockout Stage: Semifinals : Sajik Indoor Gymnasium di Busan, Korea Selatan

Knockout Stage: Finals : Gocheok Sky Dome di Seoul, Korea Selatan

Dimana Menonton Worlds 2023?

Pecinta esports League of Legends bisa menonton pertandingan Worlds 2023 secara langsung di channel resmi Riot Games di Twitch dan YouTube.

0
496
MORPH TEAM MELEPAS FAJAR DENGAN STATUS LOANED

MORPH TEAM MELEPAS FAJAR DENGAN STATUS LOANED

1674823715.jpg
Iqbal FirzaTullah
1 year ago
2023 PMRC SEA VS PEL : Day 1 Recap

2023 PMRC SEA VS PEL : Day 1 Recap

defaultuser.png
Falentino Tombeng
6 months ago
RECAP WEEK 2 PMSL SEA SPRING 2023 : HAIL 6 WWCD

RECAP WEEK 2 PMSL SEA SPRING 2023 : HAIL 6 WWCD

1680677815.png
Muhammad Krisna Wijaya
1 year ago
PAPER REX KE GRAND FINAL VCT CHAMPIONS 2023

PAPER REX KE GRAND FINAL VCT CHAMPIONS 2023

1680677815.png
Muhammad Krisna Wijaya
8 months ago
MAFIOSO X SYLAS : LANGGANAN GRAND FINAL PMGC!

MAFIOSO X SYLAS : LANGGANAN GRAND FINAL PMGC!

1698297165.png
Yudi S Amirullah
5 months ago