Muhammad Krisna Wijaya 5 months ago
mkrisnawijaya #pubg-mobile

PMGC 2023 VIEWERSHIP STATISTICS : TERBANYAK SEJAK PMGC S0

BEFORE GRAND FINAL

Turnamen ini merupakan ajang perebutan semua pemenang dalam musim kompetisi PUBG Mobile dan menampilkan tim-tim terbaik dari seluruh dunia berkumpul untuk mendapatkan kesempatan meraih gelar juara dunia. Turnamen terdiri dari tiga tahap terpisah: Group Stage, Survival Stage, dan Last Chance yang berlangsung dari tanggal 2-26 November 2023.

Data Viewership ini diambil lewat situs Escharts.com, dimana Esports Charts adalah layanan analisis unik yang menyediakan metrik komprehensif untuk siaran esports dan streaming langsung. Dimana data ini diambil berdasarkan data tayangan melalui Twitch, YouTube, Tik Tok, facebook, Naver Esports, VK Play Live, dan Trovo.

Sepanjang dua babak awal, PMGC 2023 telah menarik 19,14 Juta Jam Ditonton . Dalam hal Rata-Rata Penonton dan Jam Ditonton, acara ini menunjukkan sedikit peningkatan sebesar 5% dibandingkan tahun sebelumnya.

Jika dilihat dari Peak Viewers, pertumbuhan popularitas acara yang sesungguhnya akan terlihat lebih jelas. Gelaran ini menarik 652 ribu Peak Viewers yang tercatat pada match ke-23 Babak Grup, menandai peningkatan 29% dalam jumlah pemirsa serentak dibandingkan dengan Babak Grup pada tahun 2022. 

Dari 652 ribu penonton serentak tersebut, mayoritas berasal dari YouTube Live. YouTube Live adalah platform streaming langsung yang sering dipilih oleh banyak penggemar esports di Asia, dan turnamen ini pun demikian. TikTok juga sangat populer di wilayah ini, dan lebih dari 110 ribu total jumlah Peak Viewers berasal dari platform seluler.

Dari ratusan saluran yang meliput acara tersebut, baik caster resmi maupun komunitas, kurang dari 10 siaran tersebut dihosting di Twitch. Platform streaming langsung berwarna ungu tampaknya bukan pilihan populer untuk meliput acara ini.

Jumlah penonton PMGC 2023 berangsur-angsur bertambah di setiap stagenya. Pada akhirnya, jumlahnya mencapai 813.6 ribu Peak Viewers di babak final tahap Last Chance. Sebagai perbandingan, terdapat lebih dari 525 ribu Peak Viewer di turnamen sebelumnya pada tahap yang sama. Hal ini menunjukkan pertumbuhan sekitar 55% dalam metrik ini. Pada saat yang sama, jumlah rata-rata pemirsa pada siaran tersebut meningkat sebesar 33%.

Dari mana pertumbuhan ini berasal? Penyelenggara PMGC 2023 melakukan promosi tambahan terhadap turnamen tersebut di platform seperti Facebook dan TikTok. Berkat ini, jumlah saluran unik yang meliput acara tersebut bertambah: ada 231 saluran serupa tahun ini dibandingkan dengan 183 saluran di PMGC 2022 . Pada saat yang sama, pangsa seluruh siaran TikTok meningkat dari 4,1% menjadi 12,8%

(credit: Dmytro Murko & Iaarfhlaith Dempsey, Escharts.com)

Pertandingan utama PMGC 2023 masih akan berlangsung dan besar kemungkinan jumlah Peak Viewers akhir akan jauh melampaui angka PMGC 2022. Turnamen sebelumnya berhasil mengumpulkan 851 ribu PV dan hasil ini sudah hampir tercapai.

Sebagian besar tim PMGC biasanya berasal dari Asia karena popularitas game ini di Tiongkok, Korea Selatan, Vietnam, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, dan negara Asia lainnya. Babak final PMGC 2023 akan digelar di luar Asia Tenggara untuk pertama kalinya, juga mungkin akan memberikan dampak tak terduga pada statistik penonton.


AFTER GRAND FINAL

Grand Final PUBG Mobile Global Championship 2023 sudah diadakan di Istanbul pada tanggal 8-10 Desember. Sesuai prediksi sebelumnya jika Kejuaraan PMGC 2023 dapat tetap sesuai dengan jumlah penontonnya saat ini, kemungkinan besar itu akan menjadi acara paling populer sejak Kejuaraan Global PUBG Mobile perdana.

Dan benar saja, PMGC 2023 Berhasil mencatatkan 980.110 Peak Viewers yang tercatat pada Match 16 Day 3, dengan rata-rata penonton sebesar 304.220. Dengan kata lain, terjadi peningkatan 15% dibanding kejuaraan yang sama tahun sebelumnya.

Sepanjang berlangsungnya acara total PMGC 2023 telah menarik 31,3 Juta Jam Ditonton . Dalam hal Rata-Rata Penonton dan Jam Ditonton, acara ini menunjukkan peningkatan sebesar 14% dibandingkan tahun sebelumnya.

Kanal Bahasa terpopuler sendiri masih dipimpin oleh Bahasa Indonesia yang menyumbangkan 149.402 Peak Viewers, dengan rata-rata penonton sebesar 45.597, serta telah menarik 4,5 Juta Jam Ditonton.

Meskipun PMGC 2023 belum mampu mengungguli acara Kejuaraan Global musim pertama yang diadakan pada akhir tahun 2020 lalu. PMGC Season 0 adalah kejuaraan dunia besar pertama yang diadakan untuk game ini setelah berganti format dari sebelumnya yaitu PMCO. dimana antusiasme terhadap acara tersebut sungguh tak tertandingi.

PMGC S0 pertama mencapai 3,8 Juta Penonton Puncak , sebagian berkat hype untuk kejuaraan pertama namun juga menerima sebagian besar penonton berkat siaran dalam game dan menarik penonton dengan item dalam game: mirip dengan sistem Twitch Drops . 

Dimana pada musim tersebut juga terdapat platform Nimo TV yang baru-baru ini telah digantikan dengan TikTok, yang berpotensi menjadi pilihan yang lebih baik bagi penggemar game seluler untuk terlibat dengan siaran tersebut. Puncak penayangan TikTok saat ini sudah hampir dua kali lipat puncak penayangan yang dicapai platform tersebut pada tahun 2022.Memanfaatkan sepenuhnya potensi penonton TikTok mungkin menjadi kunci bagi disiplin esports seperti PUBG Mobile untuk terus tumbuh dan berkembang.

Meningkatnya potensi viewership meskipun absennya banyak tim dengan fanbase yang cukup besar dalam babak Grand Final nyatanya masih membuat komunitas ini masih terus tumbuh seperti BTR, DRS, A1, dan belum lagi jika tim-tim dari India kembali bergabung dalam scene Global ini bukan tidak mungkin kedepannya akan terus tumbuh dan melewati capaian rekor pada Gelaran pertama. Berpindahnya lokasi gelaran Final PMGC 2024 ke dataran eropa yaitu Britania Raya juga diharapkan membawa pangsa pasar baru untuk lebih memeriahkan esports ini.


(credit: Dmytro Murko & Iaarfhlaith Dempsey, Escharts.com)

1
1.3K
SUPER SUNDAY WEEK 1 PMSL SEA SPRING 2024 : TEAM FLASH TERBAIK

SUPER SUNDAY WEEK 1 PMSL SEA SPRING 2024 : TEAM FLASH TERBAIK

1680677815.png
Muhammad Krisna Wijaya
2 months ago
Tim PUBG Mobile Buriram United Esports resmi dibubarkan

Tim PUBG Mobile Buriram United Esports resmi dibubarkan

1674811330.jpeg
Ditha
9 months ago
ALTER EGO ARES BACK TO BACK CHAMPIONS PMSL SEA 2023

ALTER EGO ARES BACK TO BACK CHAMPIONS PMSL SEA 2023

1680677815.png
Muhammad Krisna Wijaya
8 months ago
Point Arena Mampang Jakarta: Tempat Berkumpul Para Gamers di Ibukota

Point Arena Mampang Jakarta: Tempat Berkumpul Para Gamers di Ibukota

1674828541.jpeg
Admin
1 year ago
PUBG Mobile Valkyrie Battleground (PMVB) Vol. 3: Musim Terbaru & Format Baru

PUBG Mobile Valkyrie Battleground (PMVB) Vol. 3: Musim Terbaru & Forma...

1674828541.jpeg
Admin
8 months ago